Lokakarya pembelajaran bergerak pertama kali diadakan di Birmingham, Inggris pada tahun 2002 dan Konferensi Pembelajaran Seluler Internasional ke-6 baru saja berakhir di Melbourne, Australia. Dalam waktu 5 tahun yang sangat singkat, kami telah beralih dari 'bermain' dengan mainan menjadi menata potensi atau infrastruktur kami untuk mengakomodasi pengiriman seluler dalam segala bentuknya…
Saya telah terlibat dalam pemahaman seluler sejak tahun 2003 dan sangat menarik untuk mengingat kembali bagaimana pemahaman ini berkembang dan digunakan dalam waktu yang cukup singkat. Sebagai manusia yang telah bekerja keras untuk memperkenalkan pemahaman seluler, saya sangat menyadari bahwa reaksi terhadap usaha saya telah berubah dari “apa yang sedang Anda bicarakan?” menjadi “jangan lupa datang dan bantu kami mewujudkannya!”.
Bagi mereka yang bertanya, pembelajaran seluler adalah penyampaian pengajaran dan pembelajaran melalui perangkat bergerak, genggam, atau seluler sebagai bagian dari keseluruhan campuran dalam cara guru dan siswa berinteraksi. Namun seperti semua konsep baru, ada perubahan dalam evolusi dan refleksi pada setiap pertemuan pembelajaran seluler yang telah saya petakan sebagai berikut:
2003 – mLearn di London:
Konsepnya adalah 'Kemungkinan Baru' dan kami mengamati telepon seluler dan beberapa asisten elektronik (PDA) milik kami sendiri. Kami berbicara tentang berbagai hal seperti navigasi pada perangkat yang lebih kecil dan pengiriman pesan teks serta beberapa permainan video yang saat ini ada di telepon seluler. Kami juga mulai mengobrol tentang manajemen pengetahuan dan jenis pembelajaran yang mungkin dapat digunakan.
Keadaan penguasaan seluler diringkas dengan baik pada saat itu oleh John Traxler yang sekarang berada di Wolverhampton College di kepulauan Inggris:
“pembelajaran seluler berada pada tahap pekerjaan skala kecil yang beroperasi untuk menetapkan faktor kelayakan teknis dalam opsi akademis tertentu”
2004 – mLearn di Roma:
Menyelenggarakan konferensi yang menggunakan teknologi canggih di kastil abad ke-12 di Roma merupakan pengalaman praktis yang menarik!
Tema kali ini adalah “Yang Mungkin Itu Besar” dan kami mulai membahas pergeseran dalam pedagogi, dampak penggunaan unit yang dapat dipindahkan, dan kegunaan sumber belajar digital yang sedang dikembangkan. Kami akhirnya mulai melihat telepon pintar yang lebih baru dan jaringan nirkabel mulai bermunculan di beberapa tempat yang akan segera meningkatkan pemikiran tentang mobilitas.
Kami akhirnya berbicara tentang penerapan PDA dan telepon seluler untuk pengiriman dan penyampaian sumber daya dengan cara yang sesuai dengan berbagai jenis pembelajaran, dalam konteks dan menaklukkan beberapa batasan sebelumnya.
2005 – mLearn di Cape Town:
Konsep “Belajar ada dalam pelukan Anda” sangat cocok di negara yang jangkauan jaringannya minim tetapi perlindungan telepon selulernya hampir penuh!
Pada konferensi ini kami mulai mendengarkan tentang konvergensi dan manajemen konten seluler. Kami melihat contoh-contoh praktis tentang bagaimana individu telah meluncurkan pembelajaran seluler ke tim dan organisasi yang lebih besar dan kami mulai berbicara tentang teknik-teknik yang diperlukan untuk pengajaran pelatih dan bantuan pembelajaran siswa melalui dan untuk sistem-sistem ini. Wi-fi sekarang tersedia dan diharapkan.
Kami sekarang benar-benar mengamati bagaimana teknologi seluler memiliki potensi untuk meruntuhkan batasan wilayah dan waktu.
2006 – mLearn di Banff:
Baiklah, jadi kita memang berusaha untuk pergi dari 1 tempat hebat ke tempat hebat lainnya, tetapi kita ditakdirkan untuk menjadi ponsel dan mencari tahu – benar?
Topik di Kanada adalah “Melintasi berbagai budaya dan generasi” dan dalam konteks revolusi komputasi sosial yang saat itu masih kecil namun terus berkembang, topik ini mengangkat tentang bagaimana pengetahuan teknologi komunikasi mampu memecahkan semua hambatan bagi mereka yang ingin tetap terhubung.
Kami mendengar tentang komputer laptop seharga $100 dan keinginan untuk melihat hampir setiap anak laki-laki atau perempuan memiliki laptop. Kami berbicara tentang perpustakaan digital di mana setiap buku diubah menjadi bentuk digital dan karenanya dapat diperoleh di mana saja pada perangkat apa pun. Kami berbicara lebih serius tentang audio sebagai aspek dari gabungan materi pendidikan dan mengeksplorasi setiap cara yang semakin berkembang di mana pengiriman dapat dilakukan dan berbagai peralatan yang terus berkembang yang menghadirkan mobilitas.
Kami mulai memahami 'Generasi Internet' yang memiliki pikiran hiperteks dan yang memecahkan masalah pemahaman dengan cara yang benar-benar unik dibandingkan dengan mereka yang meninggalkan sekolah dahulu kala!
Konvensi ini membuka mata kita terhadap cara di mana penjelajahan mobilitas telah mengecilkan seluruh dunia dan memberikan akses untuk menemukan kenyataan bagi siapa pun dari mana pun.
2007 – mLearn di Melbourne:
Tema yang kami pilih untuk konvensi ini adalah “Mendapatkan Koneksi” dan konektivitas tidak diragukan lagi merupakan tema utama konferensi ini!
Bahkan sebelum pembicara utama pertama mengakhiri sambutannya dan reaksi terhadap komentar orang-orang mulai diblogkan, di-twitter, di-ning, di-wiki, dan biasanya diunggah ke dunia maya! Para pembicara telah ditanyai pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan melalui delegasi yang hadir dari berbagai daerah di seluruh dunia.
Kami mengeksplorasi tantangan infrastruktur dan berbicara panjang lebar tentang pedagogi yang menggabungkan pengetahuan teknologi dan bagaimana peralatan itu sendiri sekarang dievaluasi secara signifikan bukan hanya karena unsur 'wow'-nya, tetapi juga karena kegunaannya dalam campuran pelatihan. Kami berbicara tentang integrasi dan penyematan serta cara komputasi sosial dapat digunakan dengan baik pada peralatan seluler serta fakta sederhana bahwa perangkat seluler sekarang menggabungkan laptop dengan koneksi nirkabel.
Dan kami menutup konvensi dengan berburu ke depan 10 tahun ke depan dan berspekulasi apa yang dapat kami lakukan sekarang untuk memastikan kami terus memberikan pelatihan yang unggul melalui sarana teknologi baru dan yang sedang berkembang.
Jadi, di mana pun kita sekarang: Mobilitas pada dasarnya adalah kenyataan dan kami mengantisipasi untuk terhubung setiap saat pada semua peralatan. Inovasi teknologi, tidak peduli seberapa hebatnya, tidak akan menyelesaikan pedagogi yang buruk tetapi akan memberikan dampak besar pada praktik pengajaran yang baik.
Di akhir Pertemuan, kami secara resmi memperkenalkan Afiliasi Internasional untuk Penguasaan Seluler. Temukan lebih banyak dengan mengikuti tautan di situs web saya.
Tempat itu terus berkembang dan berproduksi dan saya semakin sibuk bekerja dengan mereka yang ingin menempuh jalan ini – hubungi saya melalui situs internet saya http://www.caryloliver.com